Faktor Dalam Konsumsi Bahan Bakar

Faktor Dalam Konsumsi Bahan Bakar

Sahabat Daihatsu……..

Saat kita akan memilih untuk membeli sebuah kendaraan, pastinya akan banyak pertimbangan seperti : design, kapasitas penumpang dan bagasi, mesin, merek, biaya service, harga pastinya dan masih banyak lagi. Tapi ga kalah penting yang selalu kita pertanyakan adalah konsumsi bahan bakar, apalagi kalo kita cari mobil yang ekonomis alias irit.

Kalo di Daihatsu, kita memang ga pernah memberikan statement dengan nilai tertentu konsumsi bahan bakar kepada publik karena banyak banget faktor penentunya. Jadi biasanya kita mengutip dari media otomotif (tabloid, koran, majalah) yang sering membahas mengenai spesifikasi, fitur dan performa mobil tertentu.

Kira-kira apa aja sih faktor yang menentukan kosumsi bahan bakar suatu kendaraan? Yuk kita bahas sama-sama…..

Faktor dalam konsumsi bahan bakar :

A. Faktor Kendaraan

  1. Kapasitas mesin

Mobil dengan volume (cc) yang besar akan lebih boros dibanding dengan cc yang lebih kecil, tapi biasanya sebanding dengan power yang keluar loh.

  1. Teknologi mesin

Mobil dengan teknologi mesin yang lebih baru biasanya lebih irit dibandingkan dengan teknologi sebelumnya, seperti VVT-i, dual VVT-I, V-tec, drive by wire dll.

  1. Sistem transmisi

mobil dengan transmisi manual (MT) biasanya lebih irit dibanding dengan transmisi automatic (AT).

  1. Jenis bahan bakar

Penggunaan bahan bakar dengan RON (research octane number) yang lebih tinggi akan menghasilkan efisiensi pembakaran yang lebih baik dan lebih irit, tapi tetep harus dimatching-in sama spesifikasi mesinnya juga yah.

  1. Tekanan angin pada ban

Kalo kurang angin, mobil akan terasa berat dan relative lebih boros, makanya sebelum jalan, secara periodik ga ada salahnya ngecek tekanan angin ban yah harus sesuai dengan standarnya. Kalo bisa sih pakai nitrogen biar irit lagi

  1. Kaca film

Yup…kaca film…kaget yah? Sebenernya ada pengaruh dari lingkungan juga, intinya kalo mobil dengan kaca film (apalagi dengan kualitas yang baik) akan lebih irit dibandingkan tanpa kaca film (mobil yang berAC). Nanti kita bahas di bagian lingkungan.

  1. Design dan berat kendaraan

Mobil dengan design yang aerodinamis tentunya akan lebih irit. Selain itu, walau cc dan teknologi mesin sama, kalo bobotnya lebih berat pastinya akan lebih boros.

 

B. Faktor Lingkungan (External)

  1. Kondisi perjalanan

Jelas banget yah, kalo jalanan macet, tersendat atau bener-bener ‘stack’ banget pastinya bikin boros dibanding jalanan yang lancar jaya

  1. Suhu lingkungan

Hal ini menyangkut kaca film juga nih. Kalo kondisi di luar panas (apalagi kalo ga pake kaca film) maka ac akan bekerja extra agar suhu di dalam mobil tetap stabil dingin. Kalo ac nya kerja keras udah pasti dong bakalan lebih boros. Nah kalo kaca filmnya bagus kan efek panas dari luar akan lebih terfilter.

  1. Kondisi jalan

Kondisi jalan yang paling ideal banget itu aspal hotmix (kaya di sirkuit balap), tapi kalo jalan beton atau aspal biasa udah mendingan sih. Yang parah itu kalo udah jalan aspal berlubang, jalan berbatu, tanah basah (berpotensi slip) pasti bakal buat mobil lebih boros.

 

C. Faktor Driver dan Penumpang

  1. Gaya mengemudi

Pastinya udah paham dong, kalo seneng kebut-kebutan atau jalan dengan RPM yang tinggi (torsi jadi lebih tinggi) pastinya bakal lebih boros. Juga dalam kondisi macet kebiasaan sering setengah kopling (MT) selain kopling cepet slip juga lebih boros. Kalo di mobil automatic (AT) kalo macet lama atau lampu merah ga pernah di posisi N (selalu di D) pasti juga lebih boros.

  1. Jumlah penumpang dan bagasi

Kalo muatannya banyak (penumpang atau barang) tentunya akan lebih boros.

  1. Blower AC

Kalo blower AC di seting di speed 2 (apalagi di 3, 4) tentunya akan lebih boros dibanding pada posisi speed 1. Juga kalo mobilnya memiliki AC double blower, penggunaan double blower akan lebih boros dibanding hanya 1 blower yang terpakai

  1. Kaca terbuka

Jangan kaget yah kalo kita berkendara dengan kondisi lancar (sekitar >80 km/jam) kaca terbuka bisa buat boros loh. Karena saat kaca terbuka maka angin akan masuk ke dalam dan sedikit menghambat laju kendaraan.

Nah Sahabat Daihatsu….kira-kira seperti itu deh faktor yang mempengaruhi konsumsi bahan bakar pada kendaraan. Hal tersebut saya dapatkan dari beberapa literature, pengalaman sendiri maupun orang lain, jadi kalo ada kekelirua mohon dimaafkan. Jika Sahabat Daihatsu ada yang ingin memberikan tanggapan, komentar bahkan sanggahan bisa kontak langsung yah ke saya…nanti kita bahas lagi.

Salam Sahabat,

Irwan Gustaman

Bila ada saran, kritik atau masukan bisa kontak :

IRWAN
081310599767
087874766757

Write a comment